Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Kester bersama Ekspert SES Jerman di Kabupaten Tuban

KESTER-News. Pengabdian masyarakat merupakan suatu gerakan proses pembangunan untuk memperbaiki situasi dan kondisi dari suatu daerah dan masyarakatnya menjadi lebih baik dan lebih maju. Dalam pengabdian masyarakat banyak aspek yang harus disentuh untuk keberhasilan pengabdian masyarakat yaitu karakter masyarakat maupun daerahnya, budayanya dan pola pikir masyarakat. Dalam pengabdian masyarakat dibutuhkannya peran mahasiswa sebagai pencetus terbentuknya peradaban yang maju untuk menciptakan sebuah pengabdian yang mampu menciptakan sejuta manfaat untuk masyarakat. Mahasiswa Kesehatan Ternak Universitas Airlangga mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat yang merupakan salah satu program kerja HIMA kester.

Dalam kegiatan pengmas di Desa Tawaran dilakukan tiga pokok kegiatan, yang pertama adalah kegiatan penyuluhan. Kegiatan ini dilaksanakan di balai desa yang dihadiri oleh kepala desa, ketua dan anggota kelompok tani, warga Desa Tawaran, peserta pengmas, serta beberapa dokter hewan. Materi yang disampaikan dalam penyuluhan ini mengambil topik kualitas pakan dan prolapsus. Pemateri dilakukan oleh mahasiswa kester angkatan 2016. Materi yang disampaikan juga menyangkut pembuatan UMB yang menjelaskan tentang proses pembuatan UMB. Kegiatan penyuluhan yang berlangsung sangatlah menarik, banyak warga dan peserta yang antusias sehingga terciptanya interaksi anatara pemateri dan peserta penyuluhan. Banyak warga yang mengajukan pertanyaan mengenai permasalahan maupun solusi yang biasanya terjadi pada ternaknya. Pertanyaan yang diajukan akan dijawab oleh pemateri maupun oleh dokter hewan ahli yang telah diundang untuk kegiatan tersebut. Sehingga warga lebih mudah dan yakin untuk menerima solusi dari pertanyaannya. Kegiatan yang kedua yaitu praktik pembuatan UMB yang dilaksanakan di balai desa dan diikuti oleh warga Desa Tawaran dan juga peserta pengmas. Respon dari warga desa Tawaran yaitu mereka belum mengetahui apakah keuntungan dan manfaat yang didapat dari pemberian UMB pada ternak, serta seberapa pentingkah pemberian UMB pada ternak. Dengan penjelasan yang disampaikan oleh narasumber mereka dapat menerima dan kami sebagai penyelenggara berharap nantinya masyarakat desa Tawaran dapat menerapkannya. Pembuatan umb ini didampingi oleh para panitia dan dokter hewan. Alat dan bahan disiapkan oleh panitia sehingga para warga dan peserta pengmas dapat dengan mudah mempraktikkan cara pembuatan UMB. Setelah kegiatan pokok yang kedua selesai dilanjutkan kegiatan yang ketiga pengabdian masyarakat yang berupa penyuntikan vitamin dan pemberian obat yang dilakukan oleh para peserta dengan didampingi oleh para dokter hewan sebagai pembimbing untuk kelancaran kegiatan tsb.

Dalam kegiatan yang terakhir ini sangatlah menarik karena didampingi oleh seorang ahli ilmu veteriner dari Jerman, Dr. med. Vet Karl-Heinz Brammertz. Beliau memaparkan bahwa kondisi keadaan di desa Tawaran sangat tertinggal, sangat berbeda dari sistem peternakan yang sudah dilakukan di negaranya. Perlu dilakukannnya pembaruan dan pembangunan baik dari pola pikir masyarakatnya maupun dari manajemen peternakannya. Dalam kegiatan penyuntikan vitamin dan pemberian obat dilakukan oleh para peserta yang terbagi dalam tiga kelompok yang masing-masing kelompok didampingi oleh para dokter hewan. Kegiatan ini dilakukan dengan membagi wilayah desa Tawaran menjadi tiga bagian dan masing-masing daerah dipegang oleh satu kelompok, sehingga menghemat waktu dan efisien. Masing-masing kelompok menyebar menuju daerah yang telah ditentukan dan mulai mendatangi rumah warga maupun perkumpulan ternak sapi. Setiap peserta harus melakukan penyuntikan dan pemberian obat pada ternak sapi. Dengan dibantu oleh warga yang ikut mengendalikan ternaknya para peserta mulai melakukan penyuntikan vitamin, walaupun banyak dari mereka yang takut untuk melakukan tapi dengan jiwa social mereka yang ingin membantu dan dengan dorongan dari para dokter hewan mereka dapat melaksanakannya dengan lancar. Para warga pun senang karena mereka mendapatkan pemberian vitamin dan obat cacing pada ternaknya secara gratis. Kegiatan pokok pengabdian masyarakat telah usai, banyak pelajaran berharga yang di dapat dan manfaat yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini. Dengan diadakannya pengmas ini terjalin keakraban antara para panitia dan peserta begitu juga dengan para warga desa Tawaran. Dapat menambah wawasan di nusantara ini mengenai budaya, kebiasaan, tata kelakuan, tradisi dan ilmu yang berkembang dari daerah yang kami kunjungi yaitu desa Tawaran, Tuban. Menciptakan kepedulian sosial terhadap lingkungan sehingga timbul suatu motivasi dan gerakan untuk melakukan perubahan di Desa Tawaran, Kecamatan Karadenan, Tuban. Dengan suatu gerakan kecil yang kita lakukan nantinya dapat membangun sebuah pondasi yang kokoh sebagai tonggak untuk mewujudkan Indonesia yang lebih maju melalui kegiatan pengabdian masyarakat Kesehatan ternak 2017.

Share on

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart